PT. Indolakto adalah perusahaan adalah perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN) swasta yang mempunyai usaha di bidang industri pengolahan susu, merupakan anak perusahaan. Produk yang dihasilkan oleh PT.Indolakto adalah Susu Kental Manis (SKM) dengan merk dagang Indomilk Putih dan Indomilk Coklat kemasan 390 gr, Krimer Kental Manis (KKM) dengan merk dagang Cap Enaak, Crima, Tiga Sapi, Kremer, Australian Pride dan Corina, dalam kemasan kaleng 388 gr dan kemasan sachet 45 gr.
Secara umum, proses pada PT.Indolakto dapat digambarkan sebagai sebuah model pertambahan nilai atas bahan baku hingga menjadi produk bermanfaat tinggi yang dinikmati oleh konsumennya. Salah satu model pertambahan nilai yang lazim digunakan dalam memodelkan proses pada industri manufaktur adalah model rantai nilai (value chain).
Pertama, sebelum raw material dan packaging material diolah, untuk sementara disimpan di gudang penyimpanan. Pada saat bahan baku berpindah dari pemasok ke gudang penyimpanan, telah terjadi penambahan nilai atas bahan baku.
Kedua, pertambahan nilai terus terjadi pada saat fresh milk, gula dan bahan2 lainnya dicampur melalui serangkaian proses tertentu sehingga menjadi susu kental manis (sweetened condensed milk).
Ketiga, pertambahan nilai juga terjadi pada saat proses uji dan tes atas sample bahan yang dilakukan oleh QC.
Keempat, setelah produk selesai dibuat, dilakukan pengemasan, penyimpanan, dan pengiriman. Dalam proses ini juga terjadi pertambahan nilai atas produk tersebut.
Kelima, agar produk dapat dinikmati oleh konsumen, maka dilakukan aktivitas pemasaran dan penjualan.
Keenam, tahap terakhir adalah layanan purnajual (services), dengan tujuan menjaga kepuasan konsumen dan kualitas produk. Yang dilakukan oleh CDL (Corporate Development Laboratory) untuk melakukan percobaan dan uji atas bahan baku yang akan digunakan dalam pembuatan susu kental manis Indomilk juga merupakan upaya dari PT.Indolakto untuk meningkatkan kepuasan konsumen serta kualitas produk, sehingga tentu saja akan menambah value dari Susu Kental Manis Indomilk.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Tahapan yang diuraikan dalam tulisan ini merupakan bisnis proses standard. Dari setiap tahap proses diinformasikan adanya "value chain", namun belum jelas bentuk dari value chain masing-masing tahapan tsb apa ? Mungkin tulisan ini terkendala oleh batasan yang ada, sehingga belum terungkap seluruhnya makna dari Value Chain yg ingin diinformasikan.
Posting Komentar